Pengangguran terselubung

Bagaimana rasanya jadi pengangguran ya? Disaat kawan kawan lain sibuk bekerja, kita makah bingung tidak tahu harus mengerjakan apa. Lebih oarah lagi, pemasukan juga tidak lancar kama hanya berharap dari income pasif sebuah udaha, tetapi setidaknya sudah berusaha.

Sering istilah pengangguran terselubung ini dialamatkan kepada mereka yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Pekerjaan mereka di bangku kuliah otomatis tidak mendatangkan income yang cukup untuk kenutuhannya sehari hari, sehingga banyak mahasiswa yang masih berharap kepada orang tuanya.

Fenomena pengangguran terselubung ini memang banyak terjadi pada pelajar di inonesia, mereska sangat mengaggantungkan pemenuhan kebutuhan sehari harinya dari orang tua, sedangkan untuk pelajar di negara maju, baik di eropa ataupun amerika, mereka sering bekerja parih waktu untuk memenuhi kebutuhannya.

Bekerja sambil kuliah jadinya punya untung dan rugi, untungnya mereka bisa belajar mandiri sedini mungkin, dan begitu selesai kuliah, mereka sudah siap untuk bekerja. Ruginnya mungkin kalau mereka tidak pintar mengatur waktu, bisa saja membuat masa kuliah lebih lama dari seharusnya. Yang anehnya pada siswa Indonesia, ada yang tidak bekerja sama sekali tapi tetapi saja kuliahnya telat selesai, kalau ini butuh pertanyaan khusus kenapa ini bisa terjadi.

Nah, mau pilih kerja sambil kuliah, atau langsung kuliah dulu dan kalau sudah selesai bisa cari kerja secepatnya, itu sangat tergantung pada pribadi. Yang pasti kita tidak harus malu kalau kuliahnya lama, yang penting ilmu yang kita pelajari selama kuliah bermanfaat buat kita. Kalau iada juga yang bilang itu oengangguran terselubung, jawab saja itu sebagai pilihan hati, eh ada memang?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s