El Reda – Kanun – Zam zam: Restoran Favorit Mahasiswa Indonesia di Berlin

image

Jadi ceritanya kita hari ini makan makan di luar, kesibukan masing masing serta tempat tinggal yang berjauhan membuat kami, para penghuni Berlin aseli Indonesia, hanya punya waktu di akhir pekan untuk bertemu. Setelah janji ketemuan di facebook, kami akhirnya deal untuk makan di tempat makan favorit mahasiswa Indonesia di Berlin, El Reda. Memang makanan yang disediakan kebanyakan khas makanan arab, tapi entah kenapa banyak yang mengaku cocok dengan lidah Indonesia.

image

Janji jumpa disana jam 18.00 waktu Berlin, beberapa menit sebelum waktu yang dijanjikan, saya sudah berdiri di depan salah satu restoran ini, sayangnya belum ada satupun kawan yang nampak batang hidungnya.
Saya coba masuk kedalam el reda, penuh, tapi tak ada seorangpun yang saya kenal. Keluar lagi dan tiba tiba dapat telepon dari kang Andri, “saya udah sampe di Berlin, lagi nunggu bus m27” begitu sebutnya. Ya kang andri adalah yang paling jauh tinggalnya dari kami semua, di Postdam.

image

Sambil mutar mutar dan foto foto, akhirnya mas dedi tiba, beberapa saat kemudian kang andri juga muncul. “Kita tunggu pak agus saja sebentar, beliau mau nyampe katanya”, sebut mas dedy setelah teleponan dengan mas agus.

“Jadi makan dimana kita? Kalau disini sudah penuh, gimana kalau coba zam zam?” Tanya mas dedy. Saya sih terserah, yang penting ada nasi, soalnya ini perut sudah dipersiapkan untuk makan nasi dari pagi. “Disana ada nasi biryani” jelas mas Dedy sekali lagi. Sepertinya saya pernah dengar nama ini, tapi tidak ingat, jadi ngikut saja.

image

Kemudian kami beranja ke restoran zam zam yang letaknya diseberang el reda. Tiba disana, kami memilih untuk duduk di depan, maklum suasana belum begitu dingin. Kami juga pesan nasi biryani paket daging ayam dan kari. Setelah makanannya sampai, saya baru ingat kalau pernah makan yanv ginian waktu di kuala leuhob dulu, tapi porsinya lebih besar yang ini.

Guten apetit..nyam nyamm….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s