Bunuh Diri di Indonesia

Berita meninggalnya seorang mahasiswa kedokteran kembali membuat “nanggroe” heboh. Masyarakat jadi bertanya tanya, bagaimana seorang dokter bisa mengakhiri hidupnya? Apa hanya karena masalah utang seperti yang ia tuliskan dalan surat wasiatnya? Masalag keluarga? Atau masalah lain yang belum diketahui? Tetap saja keputusan untuk mengakhiri hidup tidak bisa diterima oleh masyarakat Aceh yanv umumnya islam, karena Islam memang sangat mengharamkan perilaku bunuh diri.

Bagaimana ini bisa terjadi?
Dalam  ilmu kedokteran, perilaku bunuh diri atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai “suicide” dimasukkan dalam salah satu bagian dari gangguan jiwa. Setiap orang yang ingin, pernah atau mau mencoba melalukan bunuh diri, sebaiknya langsung di konsultasilan dengan psikiater atau dokter ahli jiwa. Karena jika dibiarkan begitu saja, orang tersebut melakukan bunuh diri. Bahkan disaat seseorang mengancam dengan perkataan bahwa dia ingin mati, ingin bunuh diri, tidak ingin hidup lagi, orang ini harus mendapatkan perhatian khusus karena ancaman ini merupakan pertanda bahwa ada masalah dengannya. Ancaman-ancaman verbal ini merupakan resiko tinggi untuk bunuh diri.

Statistik
Meski secara umum angka bunuh diri tidak diketahui secara pasti, tapi angkanya meningkat setiap tahun. Jika di Negara maju seperti Jerman dan Belanda, bunuh diri sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan peneliti, karena angkanya yang terus meningkat. Penelitian juga menunjukkan bahwa negara berkembang seperti India juga terus nail setiap tahun. Untuk indonesia sendiri, angka pasti sangat sulit diperoleh, karena bunuh diri dianggap aib dan tidak mau dilaporkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s