Android Apps Asal Aceh

Lima juta orang jumlah penduduk Aceh, seharusnya dengan jumlah sebanyak itu, banyak hal yang bisa dilakukan. Katakanlah 50%nya usia produktif, sisanya anak anak atau orang tua, 2,5 juta orang, tetap saja banyak yang bisa dilakukan. Salah satu tren teknologi masa kini adalah membanjirnya aplikasi di android, dan dari 2 jutaan rakyat Aceh, berapa banyak aplikasi yang sudah berhasil dibuat oleh individu atau perusahaan dari Aceh?

image

Dengan menggunakan kata kunci “Aceh”, saya coba menghitung aplikasi android yang berkenaan dengan nanggroe tercinta ini. Hasilnya: sudah ada, tapi belum begitu banyak. Ini mungkin berarti bahwa penetrasi warga Aceh dalam perputaran dunia smartphone masih sebatas pemakai, belum sebagai produsen. Padahal dengan bertambah banyaknya pemakaian android akhir akhir ini, membuka begitu banyak ruang bagi orang untuk berkreasi, unjuk diri, bahkan mencari nasi dari pembuatan dan penjualan aplikasi. Untuk diingat bahwa aplikasi ini tidak membutuhkan dana sepersenpun untuk membuatnya, hanya butuh keinginan, ilmu dan sebuah laptop yang saya rasa hampir semua orang memilikinya saat ini.

Nah, maukah kita menjadi bagian dari masyarakat dunia? atau hanya cukup kesawah, tanpa pernah mau tahu apanyang terjadi diluar sana.

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s