Berhati-hatilah dengan Facebook, Minta Data Kamu!

FacebookTahu tidak kalau semua status, foto dan video yang kita unggah ke facebook itu menjadi hak milik facebook? Tau tidak kalau mereka bisa menjual data kita? Dan tahu tidak kalau server FB itu segede lapangan bola?” begitulah kata seorang kawan penggiat IT di Banda Aceh. Mereka yang tergabung dalam MIT kini sedang berkampanye kepada adek adek SMA di sekitaran banda Aceh tentang penggunaan internet sehat, menggunakan perangkan didunia maya dengan aman serta kalau bisa menggunakan IT tersebut untuk kepentingan yang lebih baik.

“Saat kita sign up dengan layanan apapun, kita hampir tidak pernah membaca kesepakatan penggunaan atau term of use yang ada di layanan tersebut, termasuk dengan media sosial seperti facebook, twitter dan sebagainya”, padahal sisitu dijelaskan apa hak kita sebagai pengguna dan hak mereka sebagai penyedia layanan, begitu lanjutnya.  Benar memang, saya sendiri hampir tidak pernah membaca term of use ini karena memang terlalu banyak dan biasanya tulisannya kecil kecil.

“Anehnya lagi, banyak yang katanya punya kun facebook tapi mengaku tak punya alamat email, enggak lucu kan?” Sambungnya lagi. Kenyataan yang terakhir menjadi bukti bahwa kita selama ini hanya menjadi pengguna saja, tanpa pernah tahu ada apa dibelakang layar. Dengan jumlah penduduk yang 230 juta keatas, tidak heran jika Indonesia selalu menjadi pengguna tertinggi atau setidaknya masuk 4 besar jumlah pengguna layanan internet seperti media sosial. Namun yang sangat sangat disayangkan adalah sampai detik ini, kita hampir selalu menjadi pengguna dan jarang sekali menjadi produser. Kesian kesian kesian, kata si ipin

Kita boleh menyontoh negara-negara kecil di eropa, walau penduduknya sedikit, produktivitas mereka luar biasa. Tahukah anda layanan skype itu dibuat anak muda di kota kecil di sebuah negara kecil yang disebut Estonia? Mungkin Estonia saja kita tidak tahu dimana. Negara ini hanya punya penduduk 1,2 juta. Jumlah ini  tidak sampai seper empat penduduk Provinsi Aceh. Tapi berkat ketekunan penduduknya, mereka bisa membuat produk IT yang digunakan hampirs eluruh dunia. Sebaliknya kita, dengan penduduk 200 juta, dengan hancker terkenal di dunia maya, dengan kracker yang bisa membobol apa saja, kenapa belum bisa memproduksi sebuah produk yang dikenal oleh masyarakat banyak, atau kalau bisa ada di semua komputer orang seperti skype tadi?

Balik lagi ke soal facebook. Walau penggunanya terus menurun karena orang sudah mulai bosan dengan layanan yang dibuat anak yahudi amerika ini.  Namun laporan yang mereka buat justru mengatakan kalau pengguna aktiv facebook setiap harinya terus bertambah. Dengan jumlah pengguna  yang sebanyak itu, ladang uang dari iklan dan permainan yang mereka tawarkan akan terus bertambah.  Data seperti foto dan video yang tiap hari kita uplaod untuk kesenangan kita secara tidak langsung adalah data yang menguntungkan buat mereka, enak sekali ya?

Minta kita data ke Facebook

Nah jika kamu ingin tahu, sebanyak data seperti foto, video, bahkan status-status alay yang pernah kamu tulis, kini kamu bisa meminta dari facebook. Berikut langkah langkahnya

Dibelah kanan FB, klik “account settings” kemudian pilih “general” dan dibagian bawahnya ada tulisan “downlad a copy of your facebook data” tinggal klik disana, selanjutnya “start my archive”  dan kamu akan diminta untuk mengisi email dan pasword, kemudian konfirmasinya akan dikirim ke email. (ingat: FB saya settingannya bahasa inggris, kalau bahasa indonesia, tulisan-tulisan diatas mungkin sudah di sesuaikan). Nah, di email tadi dijelaskan kalau kamu sudah meminta FB untuk memberikan semua data yang pernah kamu unggah di FB, jadi abaikan email ini karena email lain berisi link dimana kamu bisa mendownload seluruh data akan dikirim berikutnya.

Nah, setelah email berikutnya datang, dan disertai dengan link untuk download, kamu tinggal klik link tersebut dan semua file akan terunduh, besarnya tergantung seberapa banyak data kamu. File file tersebut didownload dalam bentuk zip dan setelah semuanya selesai, kamu bisa lihat apa saja serta sebarapa banyak file yang pernah kamu kasi ke mereka.

Dari download ini, selain kamu bisa tahu semua foto dan video kamu, profil kamu seperti alamat email, kapan pertama kali kamu terdaftar di FB alamt sekarang hingga pacar pacar kamu dulu akan ketahuan dari sana. Saya baru download tadi dan ketahuan deh mantan mantan saya siapa saja🙂 Lebih dari itu, semua status yang pernah kamu tulis, list teman teman FB kamu hingga aplikasi yang pernah kamu pakai juga ketahuan disana.

Wah kalau sudah begini, sepertinya tidak ada lagi kata kata privasi ya?

5 thoughts on “Berhati-hatilah dengan Facebook, Minta Data Kamu!

  1. Facebook jga mengetahui web yang kita buka selama kita lagi membuka facebook, sehingga jadi acuan penempatan iklan di sidebar timeline. Kalo saya sering buka web jam tangan sambil facebook, ya iklan yg muncul ttg itu juga. Seolah2 mereka ngerti kesukaan kita😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s