Tips untuk Laptop Tua, Berkedip dan Lambat?

Punya laptop tua yang masih di cinta? karena itu laptop pertama, jadinya walau udah punya yang baru maunya laptop tersebut tetap hidup walau sudah mulai jarang digunakan? iya, saya seperti itu. Setidaknya laptop yang saya gunakan untuk mengetik tulisan ini sudah 8 tahun bersama saya. Iya, sihitam adalah laptop pertama, hasil kerja keras, nabung dan perjuangan berat lainnya.

foto pagiWaktu beli dulu cukup mahal, 7 jutaan, padahal speknya hanya berharga 1 juta, untuk laptop sekarang. RAM nya hanya 512 MB, HD nya cuma 60 GB, masih pake intel pentium M lagi. Tapi dia pernah jadi juara dimasanya dan harga 7 juta sangat murah dibandingkan dengan laptop lain yang mencapai 10 jutaan.

Karena udah dimakan usia, jadinya si hitam suka ngambek. Batre aslinya sudah soak beberapa tahun lalu dan udah ganti baru. windows bajakan bawaan toko udah saya ganti dengan asli alias orginal. pernah coba instal linux (ubuntu dan debian) tapi karena sudah terbiasa dengan windows, akhirnya install windows lagi. walau di linux jalannya cukup lancar (apalagi pake debian yang butuh RAM sangat kecil)

Nah, karena memang speknya pas pasan, cuma cocok dipakai buat mengetik atau pekerjaan kantor ringan lainnya. Jangan pernah paksa untuk mengedit foto, render dan sebagainya, karena dijamin tidak sangggup bertahan.
untuk nge net pun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, terutama browsernya.

Berdasarkan pengalaman mengutak atik laptop lama ini, banyak pengalaman yang mau saya share supaya laptopnya mau bertahan lama dan kencang.

1. usahakan pakai OS asli, pakai OS tua seperti windows XP SP3, yang asli bisa beli di Ebay dengan harga sangat miring. kalau mau pakai linux, pakai yang konsumsi memorynya kecil seperti Debian (terserah mau make dekstop gnom atau lainnya)

2. jika Punya OS asli, maka bisa update selalu, dan lebih aman tentunya.

3. Karena barang lama, usahakan tidak menginstal banyak sekali program yang jarang di pakai. kalau memang hanya dipakai untuk mengetik, install saja office, dan untinstall yang tidak perlu.

4. kalau tidak punya office asli (gak mau buang duit maksudnya), install aja office dari kingsoft office, mirip punya microsoft dan yg paling penting GRATIS

5. Untuk browsing, pakai saja opera. saya udah coba hampir semua browser internet untuk laptop tua ini da yang paling kencang rupanya opera. kalo internet lambat juga tidak terlalu bermasalah.

6. Jangan terlalu banyak pasang browser, opera ini saja sudah cukup

7. sering sering bersihin chache, untuk ini bisa install ccleaner. software ini juga bisa digunakan untuk mengunistall software lain yang sudah di install di laptop. hati hati juga karena bisa menghapus pasword yang sebelumnya sudah anda simpan.

8 untuk urusan hardware, yang paling sering bermasalah pada laptop tua adalah Batre dan AC Adaptor. untuk kedua urusan ini harus sangat hati hati karena hampir semua masalah dari laptop tua berasal dari dua prangkat ini.

9. Saat harus mengganti Batre, belilah yang voltase dan Ampere nya sesuai dengan yang tertulis di belakang laptop. jangan percaya begitu saja penjual yang kadang hanya berpikir bagaimana barangnya laku. tidak masalah jika sell batrenya lebih besar dari yang asli, malah lebih bagus karena bisa bertahan lebih lama.

10 untuk AC adaptor juga begitu, harus sesuai voltase dan amperenya. saya pernah beli ac adaptor yang memang masuk ke colokan dan bisa untuk nge cas batre. menurut si penjual, kalau bisa masuk berarti bisa. Tapi ternyata hanya bertahan beberapa hari dan setelah itu laptop suka bermasalah, berkedip, tidak mau cas, dan sebagainya.

11. Kalau memang tidak ada barangnya di toko karena memang laptop lama, silahkan beli online seperti di ebay, stok nya selalu tersedia.

12. Laptop saya juga pernah punya masalah dengan WIFI, yang tidak mau terhubung ke router. menurut kawan saya yang ahli IT, reseptor di laptop saya sudah sangat tua dan tidak kompatible lagi dengan router. Tapi setelah saya install ulang, yang bermasalah adalah softwarenya, buka hardware wifi nya, bukan pula routernya. saat saya install linux, wifi nya malah langsung terhubung ke router.

sekian dulu tips yang berdasarkan pengalaman, semoga laptopnya awet tua🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s