Korea selatan, Ratunya operasi plastik!

Membaca berita tentang seorang mantan model korea yang wajahnya hancur membengkak bulat bak jeruk bali karena ketaguhan operasi plastik, saya jadi teringat seorang kawan di charite yang penelitian S3nya dilakukan di Korea, bahwa 1106156-mantan-model-620X310tindakan operasi plastik banyak sekali dilakukan di korea. “gangguan body dismorphic mereka udah parah” sebutnya sambil menggeleng. Setelah membaca beberapa litarature, saya menumukan statistik bahwa sekitar 1 diantara 5 orang perempuan korea di seoul pernah melakukan operasi  plastik, rasio terbanyak di dunia. Operasi plastik yang paling sering dilakukan diantaranya: sedot lemak, perbaikan hidung dan mata (dibesarin biar gk sipit  :D). Menurut sebuah sumber, ada sekitar 74 tindakan operasi di korea per 10.000/tahun.

koreaUrutan kedua di duduki Brazil dengan 55 tindakan/10 ribu penduduk dalam setahun. namun ada juga sumber yang mengatakan yunani di tempat kedua dan italia di tempat ketiga. Dengan jumlah 44 tindakan per 10.000 penduduk/tahun,Taiwan menduduki peringkat ketiga. Bagaimana dengan indonesia? Sampai saat ini belum ada data akurat mengenai hal ini. Amerika serikat sendiri, yang secara tidak langsung menjadi kiblat para artis menduduki peringkat ke 4 dengan jumlah tindakan operasi sebanyak 42/10.000 penduduk dalam setahu. yang mengejutkan justru munculnya China dan India kedalam list. Jika saja nanti kedua negara berpenduduk terbanyak dunia ini mengejar korea dari segi rasio operasinya, saya jamin dokter bedah plastik akan sangat sibuk dengan pasien pasiennya.

 Kecanduan operasi plastik bisa saja gangguan jiwa

Orang yang adiksi terhadap operasi plastik,  ia ingin terus menerus ingin melakukan perbaikan pada tubuhnya, karena ia merasa cemas akan adanya kekurangan pada tubuh. Dalam istilah jiwa, hal ini disebut “body dismorphic disorder disingkat BDD”.  Secara epidemiologis angka BDD hanya sekitar 0.7 – 1.1% hampir sama dengan prevalensi schizophrenia. Gejala penyakit ini sangat luas dan biasanya berkaitan dengan gangguan jiwa yang lain seperti OCD, phobia sosial, kecemasan, depresi dsb. Bagian tubuh yang paling sering di cemaskan adalah kulit, rambut, hidung, perut dan berat badan😀.

Nah, kira-kira anda pernah tidak merasa ada bagian tubuh yang sebenarnya normal-normal saja tapi dirasa tidak beres?

4 thoughts on “Korea selatan, Ratunya operasi plastik!

  1. Iya, kemarin sempat kepikiran tentang hal ini, soalnya pernah salah mengenali artis korea. Kukira yang di TV itu Lee Min Hoo, ternyata artis lain (-_-“)

    Pas awal2 mengenal drama korea, senang sekali melihat wajah mereka yg cakep2 dan berkarakter. Sebut saja Bae young Jun, Jang Dong Gun, Rain, Song Hye Kyo, Lee Young Ae (hayoooohh, kenal ndak? hehehhehee)

    Tapi semakin kesini, semakin susah mengenali wajah artis2 baru mereka karena wajahnya sama. Salah satu temanku malah pernah bilang, di kontes putri2an Korea, wajah finalisnya hampir serupa, ck ck ck

    • wah, kalo saya cuma kenal satu nama korea, “park ji sung” dan dia adalah pemain bola..hehe. kalo yang laen minta maaf aja deh, jangankan tahu nama, nonton TV aja gk pernah (gk punya TV soale).

      saya yakin, yang ikut model model itu pasti udah operasi plastik duluan, atau minimal sudah pernah dipermak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s