Tips Nurunin Berat Badan & Punya BB Ideal

Tahukah anda secara global, ada sekitar 2.8 juta orang meninggal karena obesitas alias kegemukan?. lebih parah lagi sekitar 35 milyar (2.3%) dari DALY secara global merupakan sumbangan dari masalah kegemukan? saat ini saja, ada sekitar 35% penduduk dunia yang kegemukan, umumnya di negara maju, namun angka di negara berkembang juga terus meningkat.

Nah, apa penyebab orang bisa gemuk?

i am not fatBanyak faktor yang bisa mempengaruhi tingginya kegemukan akhir akhir ini, tapi yang paling berpengaruh adalah perubahan pola hidup dan makanan. Dulu orang masih banyak menggunakan anggota tubuhnya untuk beraktivitas, namun kini yang lebih banyak digunakan adalah jarinya, misal untuk berbelanja, dulu orang harus berjalan jauh untuk bisa mendapatkan barang, namun kini tinggal buka laptop, buka telepon, tekan beberapa tombol, dan makananpun datang. Anak anak dulu banyak menghabiskan waktu diluar untuk bermain yang melibatkan aktivitas fisik, main pet pet nyuet, maen khek, lompat tali dan sebagainya. sekarang permainan tidak jauh dari stik XBOX, PS dan sebagainya.

Makanan juga berpengaruh besar, dulu orang tua kita memakan apa yang mereka peroleh dari alam, dimasak secara alami, makanan direbus, sehingga resiko untuk munculnya penyakit seperti kanker sangat rendah. kalaupun ada makanan yang digoreng, maka minyak yang dipakai adalah minyak kelapa (olive coconut oil) yang terbukti beresiko rendah untuk menyebabkan kanker (karsinogenik rendah) dan juga tidak menyebabkan kegemukan. sedang sekarang hampir semua orang pake minyak malinda (minyak sawit) yang sebenarnya hanya boleh digunakan 3 kali menggoreng karena jika lebih dari 3 kali, ikatan karbon minyaknya sudah rusak dan  dapat meyebabkan kanker!

well, sekian dulu intro, trus bagaiman biar tidak gemuk atau berat badan bisa tetap normal? berikut beberapa tips yang saya himpun dari beberapa sumber yang bisa dipercaya😀

1. Pertama kali waktu pagi, minum segelas air (dengan lemon kalau ada). sepanjang hari usahakan banyak minum, jangan takut jika sebentar2 harus ke toilet, karena banyak minum juga baik untuk ginjal.

2. Mimum green tea, hindari jus yang dijual karena umunya sudah dicampur dengan gula), kecuali jus yang dibuat sendiri, dan sebaiknya jangan ditambahkan gula. usahakan hanya minum kopi sekali sehari (pasti susah buat ahli hisap :D)

3. HARAM makan gula, ini termasuk makanan yang dicampurkan gula kedalamnya. tidak enak memang, tapi itu juga untuk kesehatan. ingat kan lagu bang haji, kenapa yang enak2 itu yang dilarang? karena eh karena…..tanya sama rika rahim😀

4. Makan nasi jangan terlalu banyak nasinya, usahakan banyak sayur, nasi sekedarnya saja, jangan sampai makan seperti sudah sebulan lapar, jangan juga makan seperti orang buka puasa. semuanya mau ditelan😀

5. Makanlah sayur sepuasnya, makan sayur saja tanpa nasi juga boleh, tapi jika sayurnya ditumis, gunakan minyak kelapa untuk menumisnya, bukan minyak sawit.

6. JANGAN pernah makan apapun setelah jam 7 atau jam 8 malam. jangan tanya kenapa, karena panjang pembahasannya.

7. Makan buah sebaiknya sebelum siang, sebiji buah sudah lebih dari cukup untuk sehari.

8. Perbanyak aktivitas, Jalan sekitar 2 KM sehari, jangan hanya duduk di belakang laptop atau PS, usahakan juga tetap aktiv diluar. cuci piring, cuci baju pakai tangan, menggosok, mengepel, menyapu juga merupakan aktivitas, jangan selalu berharap sama pembantu, (nantinya pembantunya langsing en suami jatuh cintong ke pembantu, kan berabe…hehe). jangan terlalu banyak nonton TV, apalagi sinetron atau drama korea😀

9. SAY NO buat air tebu yang du jual di jalan, siomay, es kream atau es es lain yang bermerek sekalipun. Cendol juga demikian (ini sungguh berat buat hamba….. :D)

10. Tidur minimal 7 jam sehari, Optimalnya 8 jam sehari, hindari bergadang yang tidak ada artinya (ingat pesan bang roma)

11. Kurangi stress, karena dapat menekan hormon stress. hiduplah dengan tenang, perbanyak teman, dekatlah dengan keluarga, lakukan aktivitas fisik bersama. (gowes bersama misalnya, atau bersih bersih rumah bersama).

12. Untuk tahu berat badan sudah turun atau belum, baiknya dilihat dari pakaian, udah mulai longgar atau tidak, karena kalau ditimbang dan belum turun sesua target, yang ada malah stres. hadapi dengan santai program2 ini.

13. JANGAN jadi ratu DISKON. Setiap membeli makanan, bacalah labelnya, mana yang cocok untuk anda dan keluarga, dan yang paling penting, anda butuh tidak barang atau makan itu.

14. Jangan ikut program diet yang terlalu ektreme, karena itu malah bisa menggangu metabolisme tubuh.

15. Terakhir, terima lah anda apa adanya, jangan terlalu peduli dengan apa kata orang, apalagi sibuk ngurusin urusan orang seperti di sinetron. fokus pada tujuan anda, santai dan bahagia.

Sekian tips tipsnya, kira2 tips nomor berapa yang paling susah anda lakukan? kalao saya sendiri adalah tips nomor 9. karena cindoi adalah hidup saya😀

Salam

Berlin 21.04.13

8 thoughts on “Tips Nurunin Berat Badan & Punya BB Ideal

  1. Poin 8 kalimat didalam kurung itu apa? hahhahhahaa😀

    Eh ada loh drama Korea yang meningkatkan semangat buat masak, nyuci piring, nyuci baju, nyeterika, ngepel dan banyak minum air putih ==>> Fullhouse-nya Song hye kyo😀

    Oiya, tips meningkatkan berat badan, ada gak?

    • yang dalam kurung itu kan fakta, seperti yang ada di sinetron2..hehe
      ada ya? saya gk pernah nonton malah (gk punya TV…haha).
      kalo untuk menaikkan BB gampang, tinggal makan aja junkfood, jgn banyak gerak, jangan stres, jangan banyak kerja, makan sebentar2…insya allah cepat deh naik BB nya, kecuali emang pünya masalah hormonal😀. tapi saran ini gk sehat lho😀

  2. untuk hidup sehat saya sudah bbrapa dri tips yg saya lakukan diantaranya minum air pth stlah bgun tdur, sdkit makan nasi dan bnyk makn syur serta lauk, sedkit konsumsi gula, tidak minum air tbu, tdk makan somay, cendol dan lainnya, olhrga.yg tratur. n bb saya dri 2007 smpai 2013 berkisar diantara 52 hingga 58 kg dgn tinggi 158 cm…apkah ideal???

  3. Kalo obat diet gimana bg? Saat ini saya ada minum semacam obat diet (hoodia) . Merangsang selalu haus, jadi kerjaan saya minum terus nih😀 tapi dengar2 kalo obat diet juga mengandung zat adiktif/psikotoprika. Sehingga kalo ntar tes urine, keluar hasil kalo saya make ya? jadi ngeri sendiri -__-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s