Ketika kami Ompong!

Waktu mengajar mata kuliah Med Anthropology kemarin, saya tanya ke mahasiswa tentang contoh-contoh praktik enthnomedisine yang sering kita temui di Masyarakat Aceh,
Jawaban seperti praktik “seumbo, Rajah, seuneubok*” meluncur dari mulut mereka, dan ketika saya tanya contoh yang lain? tiba-tiba ada seorang mahasiswa angkat tangan dan menjawab, “buang gigi pak!”
Penasaran, saya lantas bertanya lagi, “Bisa dijelaskan gimana maksudnya?”

“Ya….kalo di kampong saya, waktu kami dulu gigi susu nya tercabut, kalau yang tercabut gigi atas, maka harus kami tanam di bawah tangga (ingat…rumah Aceh adalah rumah panggung), namun, kalo yang tanggal gigi dari geraham bawah, maka kami lempar ke atas atap rumah pak”.

Penasaran, saya bertanya lagi, “apa benar ada praktik seperti itu?” sekitar 50% mahasiswa mengangkat tangan dan mengaku pernah melakukan praktik seperti itu.

Saat saya tanya, apa alasannya…hampir semuanya menggeleng.. dan saat saya tanya, gimana kalo sekarang rumahnya udah rumah beton? bukan rumah panggung lagi? sebagian mereka senyum2 aja!

Hmmm……Ada ada saja ya? namun menarik untuk di kaji lebih lanjut.

*)seunebok,..suatu praktik yang biasa dilakukan oleh orang makan ikan dan tulang ikan tersangkut di tenggorokan, maka mereka akan minum air pake aweuk!

3 August 2010, Tulisan dr FB di copas kemari😀

5 thoughts on “Ketika kami Ompong!

  1. *angkat telunjuk tangan* enthnomedisine itu apa pak? *mendadak jadi mahasiswa lagi*

    oiya, kalau praktik “buang gigi” di tempat saya juga begitu. Karena di Jawa tidak ada rumah panggung, jika gigi atas yg tercabut, maka giginya langsung dibuang ke tanah, klo gigi atas dibuangnya ke atap

  2. saya juga pernah buang gigi ke atas atap.tapi seringnyA cabut gigi di dokter or perawat. jadi giginya sama mereka deh

Leave a Reply

