Best I Ever Had

Sinar surya di pagi Berlin hari ini cukup cerah, pun sisa salju masih tebal, putih dimana mana. Aku belum memulai aktivitas apapun, laptop lama yang terletak diatas meja kuhidupkan, setumpuk kuesioner yang belum seluruhnya ku entry terletak disebelah kirinya. Sarapan pagiku, segelas teh dan sebuah roti berisi coklat, ada disebelah kanannya. Sudah lazim kulakukan, sebelum memulai aktivitas, aku menyempatkan untuk sarapa alakadarnya, dan sambil sarapan, aku biasanya membaca berita yang ada di koran internet, serambi, detik, kompas, republika dsb.foto pagi

Nah, tadi saat membuka webiste serambi indonesia, secara otomatis streaming radio serambi FM juga diputarkan, dan mungkin kebetulan, lagu favorit saya saat kuliah saya dulu diputarkan, Best I Ever Had-vertical horizon.

Roti yang sudah kucelupkan kedalam teh dan hampir kumasukkan kedalam mulutku, tanpa sengaja kukembalikan kedalam gelas, entah magnet apa yang membuat lagi ini mengubah prilakuku, dibawah alam sadar tentunya.  Alunan musik lagu ini menghidupkan memory masa lalu, masa masa kuliah yang menurutku lebih indah dari pada masa SMA.

Dulu, lagu ini, dan lagu lagu vertical horizon lainnya, merupakan bahagian dari aktivitas harian. Lagu ini sering kuputar sebelum berangkat ke kampus. Saat itu belum ada format mp3, jadinya lagu lagu diputar dengan kaset tape lama. selain itu, aku belum punya komputer, apalagi lagi laptop saat itu. Tape nya pun punya orang tua yang kuangkut ke Banda Aceh saat aku mulai kuliah. Sedangkan kasetnya aku beli murah di sebuah toko jln moh Jam, yang dulu memang suka menjual kaset murah (bajakan kayaknya), harganya kalo tidak salah 15 ribu rupiah.

Nah, aku sering  mendengar lagu lagu ini saat sedang memasak untuk sarapan pagi, sambil makan pagi, pulang kuliah, dan waktu malam. Hampir seleuruh liriknya kuhafal, dan kucarikan artinya satu persatu. Belakngan aku sadar, itulah media yang paling sering kugunakan untuk belajar bahasa inggris atau memperkaya vocabulary nya.

Sambil jalan kaki, dari tempatku tinggal di lambhuk, menuju jambo tape yang jaraknya sekitar 2 KM dengan tgk Herman, kami juga sering mendendangkan lagi ini, sambung menyabung, saling membetulkan lirik dan irama, tak terasa jalan jauh yang berliku, melewati gang gang kecil dibelakang rumah orang di beurawe, kami sampai juga ke jambo tape.

Tidak hanya sampi disitu, sambil menunggu Robur di halte depan SMA 3, dendangan ini masih berlanjut, diselingi lagu lagu lain yang sedang beken saat itu tentunya. Masuk kedalam robur, suara kami biasa dipelankan, bahkan berhenti total, karena robur selalu penuh, apalagi juga dapat robur ijo yang berdiri di dalamnya harus sambil menunduk. Syukur syukur jika kursinya semua telah terisi, dan kami hanya bisa berdiri dipintu, karena dendangan lagu bisa dilanjutkan, sambil sikat gigi dengan angin tentunya.

Selain saat sedang berobur, sohibku kafrawi juga sering mengajakku jalan jalan dengan vespa lapuknya. Kami keliling banda aceh, ke jalan jalan kecil yang belum pernah kami jalan sebelumnya, sambil mendendang lagu lagunya vertical horizon tentunya. Jalan jalan dengan vespa ini biasanya kami lakukan di awal bulan, saat kiriman dari kampung baru datang, atau saat koran serambi yang kami jual sedang laku keras. Ya, saat masih kuliah, aku dan dia adalah loper koran serambi. Kami jual koran sebelum berangkat kuliah, aku sering jualan di depan BPKP atau di simpang surabaya. waktu yang selalu kami tunggu tentunya saat ada pengumuman PNS atau UMPTN, karena di hari itu, koran kami bisa laku sampai ratusan explempar, dan kami panen besar😀.

Dan, tak terasa, memory 2001 masih menancap keras didalam kepalaku, tak terasa juga itu sudah 12 tahun yang lalu. Aku kini di negara orang, berjuang untuk hidup yang lebih baik. Dan ternyata, mengulang kembali masa masa indah saat kita hidup dengan orang orang terbaik disekitar kita adalah cara yang terbaik untuk memompa motivasi, memulihkan energi, dan membuat kita tersenyum kembali. Karena berapapun susahnya hidup kita saat ini, kita pasti pernah hidup senang dan bahagia, dan kehidupan seperti pasti akan kita raih kembali.

I know it’s been a long road

 To get these towns behind me and I

 Will gladly reap what we may sow I am

 There for you and you’re there for me

(Vertical Horizon – Heart in Hand)

Wah, roti di dalam teh saya udah membaur dan mencair, minum seperti sereal aja lah…:D

Berlin, sabtu pagi, 16 Maret 2013

13 thoughts on “Best I Ever Had

  1. saya ngga pernah dengar lagi itu. bukan lagi Gaul kayaknya. kalo tahun segitu lagu favorit saya my lovenya westlife

  2. Sebenernya pengen ngajak TOSSS pas baca bagian “masa masa kuliah yang menurutku lebih indah dari pada masa SMA”😀 Aku pun sama, saat teman2 merasa masa SMA lebih indah, bagiku masa kuliah yang paling berkesan (walaupun tidak selalu indah, tetapi selalu manis untuk dikenang *halaaah*)

    Oiya, tahun 2001 itu tahun masuk kuliahnya ya? atau …. tahun lulusnya? #Eh

    • hehe.. bener tuh, masa SMA indah karena lagunya obbie messakh aja, kali aja dia gk kuliah, makanya tahunya SMA saja🙂

      2001 sedang kuliah, kalau mbak nya?😀

      • Ahsyek ada temennya😀 Kukira dulu ada yg salah denganku ketika merasa masa SMA itu biasa saja & blh suka masa kuliah, soale biasanya kebanyakan itu kebalikannya

      • lha, masih ada budaya plonco omndut?
        bullying itu sudah seharusnya dihapuskan di bumi pertiwi, karena terbukti mengkerdilkan korbannya <<<<—- korban juga.
        makanya masa kuliah lebih indah, salah satunya krn gk ada yg berani pelonco..:D

  3. Pasti generasi 90-an nih hehehehe. Tapi lagu itu memang kadang kekuatannya ajib dan jadi kotak penyimpan memori yang tangguh. Soal masa2 SMA atau kuliah, kalau saya yaah sama2 oke,.sensasinya beda :):)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s