Dari Gangnam style, Harlem shake, hingga One Pound Fish

Internet kini memang sangat erat dengan aktivitas manusia. Orang bisa sekejap terkenal berkat internet, namun ada pula yang karirnya melayang, juga karena pemberitaan di internet.

Setidaknya ada media sosial yang sangat mengglobal, twitter, facebook dan tentunya youtube. Youtube yang merupakan media untung memposting video sangat menarik karena ada orang yang kadang iseng merekam suatu yang biasaa biasa saja, namun mendadak heboh dan terkenal karena banyak dilihat orang.

Akhir akhir ini, ada 3 trend yang mendunia, dimana penyebarannya adalah lewat youtube. pertama saat goyang naik kuda ala gangnam di bawakan oleh penyanyi korea selatan, Psy. Mendadak seluruh dunia menonton vido ini dan ikut bergoyang gangnam style. Tidak sedikit juga yang kemucian mencoba membuat video yang sama, dengan harapan bisa terkenal, namun banyak juga yang tidak, seperti video video saya…hehe

Gangnam style berum reda, muncul Harlem Shake, goyang asal yang video pertamanya katanya diunduh oleh tentara Norwegia ditengah salju. sontak video ini heboh dan berbagai orang mulai mereka gaya harlem shake ini dengan gaya mereka sendiri dan tentunya, di unduh di youtube.

Harlem shake sedang naik daun, benua eropa dihebohkan dengan munculnya lagu one pound fish yang sebenarnya dibuat oleh pedagang ikan asal pakistan untuk menarik perhatian pelanggan yang lewat di sebuah pasar di London. Muhammad Nazir, begitu pria itu bernama, masuk ke inggris dengan menggunakan visa mahasiswa beberapa waktu lalu. Sambil kuliah, dia juga berdagang ikan untuk menghidupi seorang anak dan istrinya di pakistan. Dasar hobi menyanyi dan kreatif, ia tidak berteriak memangnggil pembeli seperti penjual ikan umumnya, namun malah bernyanyi yang isinya sebenarnya memanggil orang untuk mendekati dagangannya. harga ikan yang satu pound juga dia sebutkan dalam lirik lagu tersebut.

Seorang pembeli yang lewat merekam nyanyian memanggil pembeli ikan si nazir dan selanjutnya mengunduh di youtube. Tak disangkan, dalam dua bulan saja, lagu ini sudah ditonton oleh jutaan pasang mata. sontak, nazir terkenal. orang orang yang menonton video tersebut mencari keberadaanya, meminta foto dan sebagainya. Selanjutnya wartawa datang, masuk koran besar besaran, ia makin terkenal. Terakhir perusahaan rekaman mendekatinya, dan mengganti profesinya dari penjual ikan menjadi penyanyi profesional.

Di indonesia, kasus ini juga terjadi kepada Norman kamaru, shinta jojo, udin sedunia, dan banyak lagi. ada yang terus terkenal, ada yang kemudian redup. Tidak pernah ada yang sama karirnya. Di tingkat dunia, ada Boyce avenue, Marie dygbi, dan banyak lagi. hmmmm

Semoga, nanti ada juga pejuang sosial yang terkenal karena perjuangannya, bertahan lama karena ketulusan dan kebaktiannya, bukan penghibur sesaat yang heboh di dunia maya dan selanjutnya hilang entah kemana.

semoga

Berlin 100313

5 thoughts on “Dari Gangnam style, Harlem shake, hingga One Pound Fish

  1. Iya, ada yang redup, malahan lebih banyak yang redup bila sudah terkenal dengan cara instan seperti beberapa artis di dari Indonesia. Selain itu video harlem pun semakin aneh-aneh di Youtube, sehingga membuat sedikit bosen apabila hasil video yang di upload kurang bermutu dan kurang ide segar dalam pembuatannya…

  2. Unduh atau unggah?

    Dunia internet memang dunia yang dinamis ya? perubahan/perkembangannya cepeeet. Kadang kita baru menyesuaikan dengan yang satu, beberapa saat kemudian sudah muncul yang lain yang lebih baru.

    *bakalan rajin jalan2 disini*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s