Merokok di kereta, bayar Rp 180.000

Yang merokok, bayar 15 euro, begitu pengumuman yang tertempel di dinding kereta cepat di Berlin yang sering disebut u bahn.

image

Peringatan ini terbukti sangat efektif. Selama saya menggunakan moda transportasi ini di ibukota jerman, hampir tidak pernah saya temui orang yang merokok didalam kereta. Pengumuman ini dibuat memang bukan untuk mengurangi jumlah perokok didalam kereta yang sebenarnya sangat minim, tetapi lebih untuk mencegah mereka yang kadang ingin iseng merokok dalam kereta.

Merokok di tempat umum bagi warga jerman adalah aib, mereka sadar bahwa asap yg mereka keluarkan bisa membuat orang disekitarnya tidak nyaman. Dan untuk bisa merokok, pemerintah jerman telah menyediakan spot spot khusus untuk perokok. Dan jumlah perokok dinegara ini sangat kecil dibandingkan dengan di negara kita, yang pada orang laki mencapai 50% lebih.

Membaca pengumuman tadi, saya jadi terbayang, seandainya pemerintah kita berani membuat peraturan seperti itu, misal: dilarang merokok di tempat umum, dalam L300, labi2, stadion bola dan sebagainya, niscaya angka pengguna rokok bisa ditekan. Selain baik untuk kesehatan, larangan merokok ditempat umum juga berarti menjunjung hak orang lain yang tidak merokok.

Sekarang ada beberapa daerah yang PADnya kurang, untuk mencapai PAD ini, mungkin salah satu cara adalah dengan melarang merokok ditempat umum, meningkatkan pajak rokok dan memberikan denda yang besar buat yang kedapatan merokok di tempat umum.
Caranya, bukan polisi atau aparat pemerintah yang menangkap, tapi orang biasa yang melihat orang lain merokok di tempat umum, dia langsung lapor, perokok bayar dan yang melaporkan dapat persenan. Job baru kan?

Terakhir, dari pada sibuk larang larang orang berngangkang style, akan lebih hebat jika pemerintah berani melarang atau memperketat aturan tentang rokok.

Kiban? Napakat?

Berlin 080313
U bahn u2.

4 thoughts on “Merokok di kereta, bayar Rp 180.000

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s