Judöh, mimpi sepasang manusia!

Menonton teasernya di vimeo.com, saya harus mengangkat 10 jari atas ide yang ingin di wujudkan kedua pasangan muda, ijoel dan dara. Mereka bermimpi untuk mengenal lebih tentang kampungnya, budaya dan adat Aceh; hebatnya lagi, tidak hanya ingin mengenal, tetapi juga mempelajari dan mengenalkan ke khalayak ramai, sebuah film dokumenter tentang pernikahan Aceh kini menjadi project mereka.

Terlahir sebagai keturunan Aceh, tapi besar dan kuliah di pulau jawa, mereka mengaku kurang mengenal tentang budaya Aceh, dan masalahnya menjadi hangat ketika ijoel ingin melamar dara, dan tersadar begitu banyak budaya dan adat yang harus dilalui, tidak hanya menikah semata. Pengalaman pribadi ini membuat mereka bertekat untuk lebih mengenal tentang budaya ini, dan sebuah film dokumenter “judöh” akhirnya menjadi pilihan mereka.

Saat memaparkan kisah tentang proses pembuatan film tersebut di ASFEradio, mereka mengaku masih kekurangan dana, beberapa usaha sudah mereka lakukan, tapi belum sepenuhnya berhasil. Dari pengakuannya, mereka membutuhkan dana sekitar 90 juta, tapi hingga saat ini baru 20 juta rupiah yang sudah terkumpul dan itu masih nombok, begitu pengakuannya.

Kembali ke teaser film Judöh ini, secara saya bukan orang film, saya harus mengaku video ini sangat bagus, baik contentnya, angle, pewarnaan dan editingnya, semuanya dilakukan secara detail, walau ijoel mengaku bahwa sound nya masih cacat di beberapa tempat.

Sebagai penonton, kami berharap film ini tidak hanya menjadi film dokumenter belaka, tapi sebuah film yang membuka mata manusia, tentang adat dan budaya perkawinan dalam masyarakat aceh, sebuah film yang menyajikan alasan di balik budaya. Lebih jauh, kalau kami ber expektasi, film ini juga menyajikan tentang alam, keberagaman budaya, agama dan kebiasaan masyarakat Aceh itu sendiri.

Kami yakin, jika pembuatan, content dan editing film ini dilakukan sebaik seperti teaser yang sudah mereka publish, film ini akan menjadi yang terbaik dari aneuk naggroe.

Semoga! dan kami menunggu filmnya😀

Moersalin
Berlin 090712

Berikut teasernya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s