Bunga Deposito Mandiri :)

Beberapa waktu lalu, setelah transaksi online via Bank mandiri, saya ngeliat tentang deposito di bank tersebut, katanya suku bunganya sekitar 5.5%, wah jelas angka ini sangat menarik. pikir saya, punya uang 10 juta aja, saya udah dapat untung 550 ribu perbulan, dan ini mirip2 gaji buruh kasar di kampung saya😀

Tanpa mempelajari lebih lanjut, langsung saja saya buka rekening deposito yang emang bisa dilakukan secara online. saya deposit beberapa juta aja, dengan pilihan jatuh temponya untuk sebulan, dan setelah sebulan smua uang saya + bunga deposito di kembalikan ke rekening asal. hanya beberapa klik, jadi deh!

nah, setelah sebulan dan jatuh tempo, saya ngecek rekening saya, ngeliat historisasi transaksi, eh, yang nambah cuma beberapa puluh ribu ruiah, beserta keterangan kalau itu adalah bunga dari deposito yang saya dapat…..kenapa jauh dari perkiraan sebelumnya ya!??

hehe…

selanjutnya saya nanya mbah bing (jangan mbah gugle selalu) en dapat deh jawabannya…

rupanya suku bunga 5,5% itu bukan perbulan, tapi pertahun…wakakkaa…pantesan jauh sangat dari perkiraan, en jadi kepikir juga, kalo suku bunganya segede itu perbulan, niscaya gk ada lagi org yang kerja, smuanya deposito di bank, trus nunggu bunganya perbulan….:D

well, gini ni rumus untuk suku bunga!

= [(Jumlah deposito kamu) x (suku bunga yg berlaku pertahun) x(lamanya uang disimpan)] (dibagi)/ 365 hari.

hmmmm…..jadi malas juga deposito, selain hukumnya dalam agama saya juga masih kabur2 alias banyak beda pendapat (ada yang tau detilnya?)

however, setidaknya saya belajar satu hal dari pengalaman ini….bahwa begitulah cara deposito bank bekerja!

itu aja doeloe
Moersalin
Berlin 031011

8 thoughts on “Bunga Deposito Mandiri :)

  1. kayaknya bunganya itu PA deh… jadi bukan per bulan bro…tapi per taun, klo gitu ngetungnya mah, mending gw tabung aja smua gaji dan makan mie instan saban hari biar dtaon depan saya gak usah kerja biaya hidup udah tercover deh😀

  2. Kalo saran saya mending bapak buka deposito di BRI Syariah aja, selain sama2 deposito berjangka insya Allah pembiayaannya sesuai dengan prinsip syariah jadi lebih tenang dan tenang…

Leave a Reply

