Tags

, , , , , , , ,

Orang gila suara merdu, begitulah judul video di youtube yang kini sedang heboh. Sejak di upload oleh akun ahmed79529 pada tanggal 3 bulan november tahun lalu, hingga tulisan ini saya tulis, video ini sudah di tonton lebih dari 670.000 kali. Cukup banyak untuk sebuah video yang di direkam dengan kamera handphone dan penyanyinya adalah orang yang sedang di rawat di rumah sakit jiwa.

Saya sendiri sudah melihat rekaman ini jauh sebelum video ini heboh. Karena selain ini, ada juga sebuah video yang di rekam di tempat yang sama, juga oleh mahasiswa keperawatan yang sedang praktik di RSJ Banda Aceh. Video yang saya maksud berjudul “Pidato lucu pasien RS Jiwa”.

Well, bagi kami praktisi kesehatan jiwa, kedua video tersebut bukan hal yang baru, toh pasien pasien kami sungguh lebih cerdas dan kreatif dari yang dikira oleh orang kebanyakan. Sering kami mendengar pasien berdendang, dengan suara yang jauh lebih baik dari boyband yang lagi naik daun. Saya sendiri pernah belajar bahasa Jepang dari seorang pasieng yang memang sarjana.

Kembali ke video tadi, sebenarnya, apa yang sedang di nyanyikan pasien tersebut? Yang jelas itu bukan lagu dangdut. Ada dua kemungkinan yang cocok untuk dialamatkan untuk nyanyian oleh pasien tersebut, pertama bisa disebut seulaweut, kedua bisa juga likee atau dikee.

Seulawet dan dikee merupakan media seni yang sudah terintegrasi dalam kehidupan masyarakat Aceh. Keduanya selain digunakan untuk berkesenian, juga sebagai media untuk mendidik agama bagi generasi muda. Seulawet atau selawat mungkin sudah lebih banyak orang kenal, adalah puji pujian hamba untuk sang khalik dan kekasihnya muhammad. Dalam masyarakat aceh, seulawet umumnya diciptakan oleh para ulama, dengan irama yang khas, dan kemudian menyebar dari mulut ke mulut. Seulawet ini sering dibawakan dalam bahasa Arab, Aceh atau melayu Aceh, sepengetahuan saya, belum ada buku yang secara khusus menuliskan tentang berbagai nama, lirik dan jenis seulawet yang tersebar di Aceh, sebuah tantangan baru untuk generasi muda Aceh tentunya.

Yang kedua adalah dikee, mirip seperti seulawuet, dikee juga puji pujian kepada pencipta dan juga media dakwah untuk mendidik agama islam bagi anak muda aceh. Dikee ini akhir akhir ini sudah sering di perlombakan.

Nah, video yang dinyanyikan pasien tersebut adalah salah satu diantaranya yang bertujuan untuk mendidik anak anak agar mudah mengingat nama nama nabi dalam islam beserta dengan keistimewaannya masing masing. Dengan bentuk nyanyian seperti ini, akan mudah bagi kita untuk mengingat dibandingkan dengan menghafal seperti textbook. Selain nyanyian dalam irama ini, ada beberapa irama lain lagi yang digunakan untuk mengingat para nabi dan rasul

Terakhir, dengan hebohnya video ini, saya berharap agar masyarakat umum tidak lagi menganggap remeh orang dengan gangguan jiwa. Jika saja keluarga mau sedikit perhatian dan masyarakat tidak mengejek-ejek mereka, mereka pasti bisa berkreasi dengan lebih baik diluar sana.

Satu hal lagi, saya juga berharap ada yang mau mengarasemen ulang syair yang indah ini. selain bermanfaat bagi ummat (karena mengenalkan media yang indah untuk mengingat para rasul), syair ini juga indah untuk hiburan. semoga..

Salam

Mörsalin, Praktisi kesehatan jiwa Aceh,
Berlin 8.5.12

Berikut video di youtube

orang gila ceramah

About these ads